Translate

Sunday 2 February 2014

MANFAAT BAIK WORTEL UNTUK KESEHATAN

 wortel
Berikut ini beberapa manfaat wortel untuk kesehatan :Wortel adalah jenis sayuran yang dimakan umbinya. Tumbuhan berbunga warna putih ini punya rasa yang manis, lezat dan kaya akan vitamin, khususnya vitamin A.Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata, terutama untuk meningkatkan pandangan jarak jauh.

Untuk Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten dalam vitamin A yang ada pada wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Senyawa ini tidak dapat menyembuhkan kebutaan, akan tetapi dapat memperbaiki kondisi mata yang kurang baik akibat kekurangan vitamin A. Sifat antioksidannya dapat mencegah
terjadinya katarak dan degenerasi makula yang kerap dialami oleh lansia.


Mengatasi Masalah Kolesterol

Dikutip dari Wikipedia, hasil penelitian Robertson, menunjukan bahwa mereka yang makan wortel mentah sebanyak 200 gram selama 3 minggu memiliki penurunan kolesterol sebanyak 11 %. Demikian juga hasil penelitian yang di lakukan oleh University Harvard menyatakan bahwa, mereka yang makan wortel 5 kali seminggu, mengalami penurunan resiko struk sebanyak 68%.

Mencegah Kanker

Penelitian yang di lakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D, di State University New York, menyatakan bahwa orang yang memiliki betakaroten rendah, beresiko terkena kanker paru-paru. Oleh sebab itu, mereka yang merokok disarankan untuk mengonsumsi wortel, atau bahan makanan lain yang mengandung betakaroten tinggi.

Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang ada pada wortel, menaikan volume feses hingga 25%, sehingga buang air besar lancar dan jauh dari sembelit.

So, konsumsilah wortel untuk kesehatan kita!!

No comments :

Post a Comment