Translate

Thursday 13 February 2014

BUNGA-BUNGA INI TERLANGKA DI DUNIA

Banyak sekali orang yang menyukai bunga, ada yang suka dari warnanya, bentuknya, harga atau bahkan trend saja. Bunga memang cantik dan indah di lihat. Banyak orang suka dengan bunga mawar karena keindahannya, namun tak hanya bunga mawar saja lho yang indah.

Dilansir Listverse.com, berikut ini bunga-bunga yang unik, cantik dan indah, namun jenis bunga ini terlangka di dunia :

Jade Vine Strongylodon Macrobotrys

Jenis bunga ini berasal dari pedalaman hutan tropis di Filipina. Bunganya sangat cantik sesuai dengan namanya. Termasuk jenis bunga yang merambat yang unik karena memiliki relasi yang dekat dengan tanaman kacang merah.

Tanaman ini dengan bunga yang sangat cantik, yang menggantung membentuk gulungan, yang panjangnya bisa mencapai 3 meter. Warna bunganya bervariasi, namun berbeda dengan yang lain karena ia berwarna hijau kebiruan.


Jenis ini sangat sulit untuk diperbanyak, bahkan bunga ini dianggap terancam punah, akibat perusakan habitat dan penurunan penyerbukan alaminya.

Bangkai Rafflesia Arnoldii

Bunga ini merupakan salah satu bunga yang paling langka dan terancam punah. Bunga ini ditemukan di hutan hujan Indonesia. Lebarnya mencapai lebih dari 1 meter.

Sebagai bunga, Rafflesia tumbuh tanpa tubuh, tanpa batang, berdaun dan memerlukan pohon untuk inang dan makanan pendukung. Tak seperti bunga lainnya yang kebanyakan berbau haraum, bunga ini mengeluarkan bau yang sangat busuk seperti busuknya daging, sehingga pada saat ia mekar, lalat dan kumbang akan mendekatinya.

Lalat dan kumbang yang mendekat akan membantu proses penyerbukannya. Setelah mekar bunga ini hanya berusia seminggu saja, kemudian ia mati.

Gibraltar Campion Silene Tomentosa

Jenis bunga yang satu ini hanya ditemukan di tebing tinggi Gibraltal. Bunga ini sempat diyakini punah pada tahun 1980-an karena tidak ditemukan spesimen tersisa.

Akan tetapi, pada tahun 1992, bunga cantik ini ditemukan kembali oleh seorang pendaki di tebing yang sangat sulit dijangkau. Kemudian benihnya diambil dan ditanam di The Almeda Gibraltal Botanic Garden serta Botanic Garden Royal di London untuk diselamatkan dari kepunahan.


Franklin TreeFranklinia Alatamaha

Pohon ini merupakan bagian dari keluarga teh dan satu-satunya spesies dalam genus dan tanaman berbunga yang sangat langka. Berasal dari lembah sungai Altamaha di Georgia, yang dikabarkan telah punah di alam liar sejak awal abad 19-an.

Beruntungnya keluarga Batram sempat menyelamatkan bunga ini dan dikembangkannya.

Bunganya sangat unik, cantik dan berbau harum. Daunnya akan berubah menjadi warna merah cerah di musim gugur, dan menjadi salah satu tanaman hias yang paling populer.

Parrot's Beak Lotus Berthelotii

Bunga ini di golongkan sebagai bunga yang langka sejak tahun 1884. Bunga ini diyakini benar-benar punah di alam liar. Akan tetapi beberapa orang berpikir bahwa, bunga ini dapat survive dan selamat.

Tanaman ini berasal dari Kepulauan Canary yang diharapkan bisa di perkenalkan di Kepulauan tersebut.

Dinamakan sebagai bunga Parrot's karena bunga ini memiliki keunikan bentuk seperti paruh burung parkit.



Chocolate Cosmos Cosmos Atrosanguineus

Bunga yang berasal dari Meksiko ini merupakan bunga yang langka, bunganya berwarna merah kecoklatan. Kabarnya bunga ini telah punah di alam liar sekitar seratus tahun yang lalu. Akan tetapi bunga ini ditemukan bertahan hingga saat ini dari hasil kloning yang diciptakan tahun 1902.

Bunga-bunga yang di hasilkan oleh tanaman ini, berwarna merah tua kecoklatan dengan diameter 3-4 cm.
Bunga ini memiliki aroma vanili dan bunganya sangat cantik untuk tanaman hias.


Koki'o Kokai Cookei

Pohon yang berasal dari Hawaii ini sangat langka dan pertama kali di temukan pada tahun 1860. Saat itu hanya tiga spesimen saja yang ditemukan, dan sangat sulit untuk di sebarkan.

Bunga ini pernah dianggap punah, tetapi ternyata berhasil diselamatkan dan di cangkokan pada 23 pohon, yang hingga saat ini masih tetap tumbuh. Bunga Kokai bisa diharapkan tumbuh memenuhi pohon di Hawaii. Ia memiliki bunga matang yang manis dan enak di pandang mata.




No comments :

Post a Comment