Translate

Wednesday 12 February 2014

AWAS, MINUM SODA MENINGKATKAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG


Bagi Anda penggemar minuman bersoda, maka Anda harus berhati-hati. Meminum lebih dari 3 kaleng minuman bersoda setiap harinya, dapat meningkatkan tiga kali kesempatan Anda terkena penyakit jantung, seperti yang dilansir dari telegraph.co.uk.

Para Ilmuwan di Amerika menemukan adanya pengaruh antara proporsi kalori harian dari makanan yang sarat gula tambahan dengan angka kematian akibat penyakit kardiovaskular. Orang-orang yang mengonsumsi seperempat dari kebutuhan kalori harian berupa gula dari minuman bersoda, permen dan makanan penutup, akan mengalami resiko tiga kali lipat di bandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari 10% per hari.


WHO telah merekomondasikan gula tambahan maksimal sepersepuluh dari asupan total kalori. Tiga kaleng minuman bersoda, masing-masing mengandung 140 gram gula tambahan. Sebuah studi yang di publikasikan oleh JAMA Internal Medicine mengungkapkan data survei kesehatan nasional di Amerika, mengungkapkan antara tahun 2005-2010, gula tambahan dalam minuman bersoda menyumbang setidaknya 10 persen dari kalori yang di konsumsi lebih dari 70 persen penduduk di Amerika Serikat. Hal ini berhubungan dengan bertambahnya orang-orang yang berpenyakit jantung dengan total 831 kasus kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Dr. Nita Foruhi dari Epidemiology Unit Medical Research menyerukan sebuah gerakan untuk menuntut agar perusahaan-perusahaan makanan dan minuman memberikan informasi yang jelas pada label tentang kandungan gula suatu produk. Menurut Dr. Nita label penjelasan kandungan suatu makanan merupakan hak konsumen yang harus dihormati.

Tubuh kita memang memerlukan gula untuk membentuk energi tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Jadi Anda perlu waspada yah....

No comments :

Post a Comment