Translate

Wednesday 29 January 2014

ATASI BANJIR DENGAN TEKNOLOGI CANGGIH DAN KESADARAN MASYARAKAT

http://bukuarum.blogspot.com/2014/01/atasi-banjir-dengan-teknologi-canggih.html
Masalah yang tak ada hentinya dan selalu tak terpecahkan setiap tahunnya. Ya Banjir !!!
Di negara kita Indonesia ini, banjir merupakan suatu bencana yang ada dan muncul di setiap tahun, terutama Jakarta. Buruknya infrastruktur dan perencanaan tata kota yang tidak optimal yang akan menyebabkan banjir dan mengakibatkan tanah longsor, kerusakan jalan, bangunan, perumahan dan fasilitas umum lainnya.

Pemerintah harus memikirkan cara baru untuk menangai masalh tersebut, agar bisa diatasi. Termasuk pembangunan infrastruktur, pemeliharaan jangka panjang, dan membutuhkan beberapa tenaga ahli teknologi untuk menciptakan terobosan-terobosan yang sangat efektif untuk masalah banjir ini.


Salah satu hal nyata yang bisa dijadikan sebagai solusi masalah ini adalah model 3D wilayah kota yang mampu membuat masyarakat umum memahami bagaimana dan hal apa saja yang perlu diutamakan sebagai upaya pemulihan setelah bencana, sehingga perbaikan dapat dilakukan sesegera mungkin. Model 3D tersebut dapat digunakan untuk merencanakan pembangunan kota secara lebih efektif di masa mendatang.

Selain itu model 3D ini juga dapat digunakan untuk meramal cuaca dan membaca tanda-tanda bencana yang mungkin akan terjadi. Dengan demikian, kita akan lebih mampu untuk mengantisipasi dan melakukan aksi-aksi pencegahan.

Teknologi canggih itu juga tidak akan cukup tanpa adanya kesadaran masyarakatnya sendiri. Dibutuhkan kesadaran manusianya dan kemauan penuh untuk bekerja sama menaggulangi bencana banjir dan bencana-bencana yang lainnya.


No comments :

Post a Comment