Translate

Friday 24 January 2014

MANFAAT SUSU KEDELAI BAGI KESEHATAN

http://bukuarum.blogspot.com/2014/01/manfaat-susu-kedelai-bagi-kesehatan.html 


Jangan remehkan susu kedelai, selain cara pembuatannya yang sederhana, susu kedelai kaya akan manfaat untuk kesehatan yang luar biasa, seperti yang dilansir dari Magforwomen, health dan fitday :



Mencegah Penuaan Dini

Menjadi tua adalah sebuah kepastian yang sebenarnya tidak perlu untuk ditakutkan. Salah satu cara yang dianggap ampuh untuh menangkal penuaan dini adalah dengan mengandalkan anti oksidan yang bersumber dari makanan dan minuman. Anti oksidan umumnya berasal dari golongan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, E, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan Isoflavon. Nah, susu kedelai layak dijadikan salah satu minuman pendukung diet Anda, agar tetap awet muda. Karena susu kedelai mengandung berbagai zat senyawa anti aging yang menghambat penuaan dini.


Minuman Anti Kanker

Susu kedelai merupakan minuman yang mengandung sumber mineral, selenium, Vitamin E, Isoflavon dan Asam Amino Triptopan. Untuk mengatasi paparan radikal bebas pemicu kanker, diperlukan zat atau senyawa yang berfungsi sebagai anti-oksidan.

Mencegah Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain ini biasanya bersifat kambuhan, yang lebih banyak menyerang Wanita daripada Pria dengan prosentase 3:1. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino terutama lisin, akan mampu mencegah migrain.

Mencegah Diabetes

Diabetes muncul karena tubuh kekurangan insulin, yang mengakibatkan kelainan metabolisme, karbohidrat, protein, lemak, air dan elektrolit. Susu kedelai yang mengandung asam amino mampu menjaga keseimbangan hormon insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima oleh organ ginjal dibandingkan protein hewani.

Baik Untuk Jantung

Susu kedelai sangat baik bagi kesehatan jantung, karena jumlah lemak jenuhnya sangatlah sedikit. Lemak jenuh yang tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol serta bisa meningkatkan resiko jantung. Susu kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Selain itu, susu kedelai tidak mengandung kolesterol sehingga aman bagi Anda yang takut gemuk.

Tidak Menyebabkan Alergi

Selain sebagai minuman yang ideal untuk laktosa-intoleran dan bagi mereka yang menderita galaktosemia. Susu kedelai tidak menyebabkan alergi makanan karena bebas kasein, kacang, gluten dan MSG.

Ramah Untuk Hati

Kandungan lemak jenuh dalam susu kedelai sangatlah kecil. Selain itu susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol sehingga sangat baik untuk orang yang menderita sakit koroner.

Sumber Protein

Susu kedelai merupakan sumber protein yang jumlahnya hampir sama dengan susu sapi. Yang mengagumkan susu kedelai juga mengandung protein nabati yang dapat mencegah tulang keropos atau osteoporosis.

Mencegah Kanker Prostat

Susu kedelai kaya akan phytoestrogen, hormon tanaman yang dapat menghambat hormon testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi resiko kanker prostat.

Menurunkan Kolesterol

Berbeda dengn susu sapi yang tinggi lemak jenuh, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan non kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol kedalam aliran darah.

Menurunkan Berat Badan

Secangkir susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya 7 gram. Inilah mengapa jumlah susu sapi lebih tinggi dari susu kedelai. Selain itu asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai mampu menghambat penyerapan lemak di usus. Minum susu kedelai juga memberikan efek yang kenyang lebih lama.

Meredakan Gejala Menopause

Susu kedelai mengandung isoflavon yang sifatnya seperti hormon estrogen. Sehingga wanita yang menopause yang mengonsumsi susu kedelai akan menurunkan berbagai gejala menopause dan resiko penyakit kanker.




No comments :

Post a Comment