Translate

Tuesday 21 January 2014

CARA MENJAGA KEBERSIHAN VAGINA

http://bukuarum.blogspot.com/2014/01/cara-menjaga-kebersihan-vagina.htmlIritasi, merah-merah, gatal dan bau tidak sedap merupakan gangguan yang bisa terjadi karena tidak rajin membersihkan vagina. Organ intim wanita memang rentan sekali terkena bakteri karena merupakan bagian tubuh yang sangat lembab karena kurangnya sirkulasi udara.

Menjaga kesehatan dan kebersihan vagina sangatlah penting, agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin. Asalkan Anda rutin membersihkannya, manfaatnya akan Anda dapatkan seumur hidup Anda.
Melakukannya sangat sederhana dan tidak sulit. 
Berikut ini beberapa tips membersihkan area vagina, seperti yang dikutip dari Canadian Women's Health World :

  • Kenakan celana dalam berbahan katun, khususnya saat Anda sedang aktif bergerak atau beraktivitas di luar ruangan dan berpanas-panasan. Katun mudah menyerap keringat dan kelembaban, sekaligus baik untuk sirkulasi udara.
  • Saat menstruasi, gantilah pembalut setiap 4jam hingga 8jam sehari, tergantung banyaknya darah haid yang keluar.
  • Gunakan pembalut atau panty liner yang tidak diberi pewangi, karena dapat menimbulkan reaksi bagi orang tertentu.
  • Sebagian wanita mungkin merasa bagian vagina berbau kurang sedap. Tetapi vagina memang mempunyai bau yang sangat khas, yang berbeda-beda pada setiap wanita. Selama aromanya tidak terlalu menyengat Anda tidak perlu khawatir. Sebaiknya hindari pemakaian spray atau pembersih khusus kewanitaan jika tidak diperlukan.
  • Hindari memakai celana atau busana yang terlalu ketat, yang dapat menekan vagina yang membuatnya lembab. Jangan terlalu sering mengenakan pakaian berbahan sintetis yang menempel pada kulit langsung saat dipakai.
  • Setelah berenang atau berolah raga, segera gantilah pakaian dan celana dalam secepat mungkin. Membiarkan pakaian dalam basah terlalu lama akan memicu pertumbuhan bakteri yang akan membahayakan vagina.
  • Setelah buang air kecil, cucilah vagina dengan sedikit air dan usaplah dengan lembut menggunakan tisu atau kain yang bersih. Usap dari dekat anus ke depan. Cara ini akan mencegah kotoran menempel pada vagina.
Cara paling tepat membersihkan area intim Anda adalah membasuh vulva (bagian luar vagina) setiap hari dengan air hangat. Hindarilah penggunaan sabun dengan wewangian atau aroma tertentu.











No comments :

Post a Comment